Kesenian

“Tari Luyung” Tarian Kreasi Baru Berasal Dari Pedan, Klaten

By

on

PariwisataKlaten.com – Tari Luyung mungkin masih jarang anda dengar. Tari Luyung ini adalah tarian kreasi baru yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Kata “Luyung” adalah sebuah akronim dari kata Lurik dan Payung. Disebut seperti itu karena dalam tarian ini menggunakan properti Payung dan penarinya mengenakan pakaian Lurik. Inilah tarian yang berfungsi untuk hiburan, tetapi juga sebagai identitas warga Klaten Jawa Tengah. Sebagian besar properti yang digunakan adalah hasil dari industri rumahan yang terkenal dari Kabupaten Klaten.

Payung : payung yang digunakan adalah payung yang dibuat oleh pengrajin di kecamatan Juwiring.
Lurik : merupakan kain khas dari Klaten yang dibuat oleh pengrajin di kecamatan Pedan

Tarian ini terdiri dari beberapa gerakan yang sederhana. Namun pada bagian tengah tarian ini terdapat serangkaian gerakan yang menunjukkan cara-cara pembuatan kain lurik, yang disimbolkan secara sederhana, mulai dari pemintalan benang, penjemuran, sampai dengan melipat dan menyimpannya.

perform-tari-luyung-01-pariwisataklaten

Tarian ini pertama kalinya disajikan di depan umum saat karnaval peringatan Hari Proklamasi Republik Indonesia ke-65, pada Agustus 2010 di sepanjang jalan Pemuda, Klaten Tengah. Para penarinya adalah gabungan dari para pelajar Klaten, baik SD, SMP, maupun SMA. Dan sambutan warga Klaten terhadap tarian ini cukup bagus, terbukti dalam Karnaval itu, tarian inilah yang mendapatkan urutan pertama.

Tidak hanya itu, 40 putri-putri dari Klaten ini juga dikirim ke Semarang untuk mengikuti karnaval dalam rangka Hari Jadi kota Semarang, dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah. Inilah salah satu metode untuk memperkenalkan budaya daerah dengan menciptakan kreasi-kreasi baru. Identitas warga Klaten, salah satunya termuat dalam Tari Luyung ini.

About Mas Tri

Kecintaan saya terhadap tanah kelahiran membuat saya ingin mengulik semua potensi yang ada di kota bersinar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *