Tradisi

Meriahnya Tradisi Lebaran Ikan “Berburu Ikan Berhadiah” di Kalikotes

By

on

PARIWISATAKLATEN.com – Tradisi Lebaran Ikan yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Klaten, menandai dimulainya musim panen ikan. Tradisi tersebut selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat bahkan dari luar Klaten.

Bertempat di sebuah kolam ikan seluas 1 hektare di desa Gemblengan, Kecamatan Kalikotes, ribuan warga berkumpul disekililing kolam untuk memperebutkan ikan berhadiah.

Tahun ini, tradisi lebaran ikan diadakan pada hari Minggu (28/08/2016) pagi, sekaligus untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 71 tahun.

lebaran-ikan-klaten

Berbagai jenis ikan air tawar seperti lele, nila dan bawal yang disebar di Kolam tersebut beratnya mencapai 1 ton. Itu dua kali lipat lebih banyak dari tahun 2015. Ikan-ikan tersebut diperoleh dari kawasan Janti, Kecamatan Polanharjo yang terkenal sebagai kawasan budidaya ikan air tawar.

Panitia juga menyediakan total hadiah senilai Rp 10 juta rupiah. Bagi siapa saja yang bisa menjaring ikan lele berpita emas bakal diganjar hadiah utama, yakni satu unit kulkas.

Tak hanya memperebutkan ikan saja, penyelenggara juga menyediakan empat ekor itik yang dilepas tim Search and Rescue (SAR) Klaten untuk diperebutkan.

Acara dimulai ketika Lele berpitas emas dilepas oleh Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Sri Mulyani dari panggung kehormatan. Alhasil ribuan warga yang sudah mempersiapkan diri dengan membawa jaring, tudung saji, ceting, keranjang plastik, hingga tempat sampa yang terbuat dari plasti pun langsung memburu lele berpita emas tersebut, walaupun harus basah kuyup dan baju kotor.

hasil-tangkapan-warga-dalam-lebaran-ikan-pariwisataklaten-com

Warga menunjukan ikan bawal hasil tangkapan saat mengikuti tradisi lebaran ikan di embung Gemblegan, Kalikotes, Klaten, Minggu (30/8).

Tradisi Lebaran Ikan tersebut selalu manarik antusiasme warga, agar tak jenuh ketika berburu ikan, penyelenggara juga memberikan hiburan musik dangdut dari panggung kehormatan.

Selama kegiatan berlangsung, tim SAR dan tim medis Klaten disiagakan di pinggir kolam.

Tradisi lebaran ikan yang ke-3 tersebut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen ikan yang melimpah. Selain sebagai sarana silahturahmi antar warga, Wakil Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengharapkan Lebaran ikan di desa Gemblegan ini dapat menjadi sarana mengkampanyekan perlunya mengonsumsi ikan setiap waktu.

About Mas Tri

Kecintaan saya terhadap tanah kelahiran membuat saya ingin mengulik semua potensi yang ada di kota bersinar ini.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *